T E R I M A K A S I H S U D A H B E R K U N J U N G

Tuesday, July 7, 2015

Modifikasi UPS bekas Untuk Inverter

Modifikasi UPS bekas

Assalamualaikum wr.wb

Di sekolah saya ada UPS PROLINK Model PRO700  nganggur di gudang , wah kesempatan nii pikir ku  . Pengen saya sikat ah tapi ntar di marah , akhir nya saya berpikir untuk menunggu waktu yang tepat .
Hari berganti hari , bulan berganti bulan aku sabar menunggu waktu yang pas untuk mengambil UPS yang ngangkrak di gudang itu , padahal di kantor udah ada UPS pengganti yang baru . Tapi mau ngambil nya malu nanti di marahin .

Akhirnya waktu yang aku tunggu tunggu sekian lama telah tiba , ketika aku sudah berhadapan langsung dengan Bapak Kepala Sekolah , aku sengaja menyinggung UPS bekas ngangkrak  yang ada di gudang .
Dengan alasan ingin aku buat praktek utak-atik di rumah . Dan alhamdulilah dengan izin beliau diperbolehkan , toh itu kan barang bekas yang tak terpakai .

Setelah berhasil aku bawa pulang sungguh senang rasa nya . Tapi setelah sampai di rumah aku coba hidup kan , ternyata tidak ada respon , ketika arus listrik di cabut , UPS kok ikut mati , lalu saya  bongkar dan aku ganti Aki yang lebih besar Mah nya , namun sayang  UPS nya kadang respon kadang  juga tidak respon hanya beberapa detik , setelah itu mati  .
pas dibongkar ada blok yg gosong yaitu resistor 41 dan Resistor 13 gosong lalu 78L05 juga ikutan gosong ...



Ukuran R41 dan R13  pada PROLINK PRO 700 adalah pada R41 nilainya 1k, untuk R13 nilainya 3,3ohm .
Ingin aku ganti tapi masih ragu , soal nya pasar jauh , nunggu aja sampai aku belanja di toko elektronik sekalian .

Dan akhir nya sampai sekarang UPS nya nganggur di rumah saya .
Terpikir apa yang di katakan ayah ku untuk mengubah UPS menjadi Inverter untuk lampu, yang katanya untuk penerangan rumah saat listrik padam .
Namun apa  ya bisa , dengan komponen sebagian terbakar , dan juga batas waktu penggunaan UPS ini yang hanya beberapa detik , ketika saya ganti aki 12 v  hanya bisa bertahan selama 40 detik saja . Masak Cuma 40 detik saja . kadang malah kurang dari 40 detik .



Ternyata di sana ada IC protect nya , disana tertulis 3701-01xxxx-030 , IC itu lah yang memberi Timing batas waktu tertentu. Walau pun Aki nya masih bagus , Cuma bisa bertahan 2 menitan .  Wah bisa repot kalau mati lampu 2-3 jam’n . apa ya bisa .

Akhir nya  aku nyoba googling ke sana kemari untuk mematikan IC protect nya agar bisa bertahan lama . akhir nya menemukan solusi di sebuah blog https://annml.wordpress.com/2012/01/18/trick-modif-ups-prolink-700/  .



Disana tertulis  kata nya suruh menjumper kaki IC 68HCXXX , kata nya di kaki no 22 di kasih logika 0 dengan menjumpernya dg ground seperti gambar.

Kaki no. 22



Pada gambar dari blog tersebut saya ikuti ternyata GAGAL .
Setelah usut punya usut , ternyata itu bukan Ground , melainkan (+) ,,,,,,,
lalu saya mencoba menelusuri kaki ELco yang (-) , dan alhamdulilah ketemu



Dan  bisa tahan beberapa jam .
Ini gambar Jumper dari kaki IC no. 22  ke (-) .




saya ingin mengucapkan banyak terimakasih untuk blog :
https://annml.wordpress.com/2012/01/18/trick-modif-ups-prolink-700/ .
Karena berkat blog itu saya bisa memanfaat kan UPS bekas menjadi Inverter Lampu darurat ketika listrik PLN padam .

Wassalamualaikum wr.wb

47 comments:

  1. pak saya punya ups proling tiba-tiba mati. lampunya mati itu kenapaya?

    ReplyDelete
  2. ada satu lagi ups ica ce 600 itu baru di ganti batrai accunya bunyi tii...........t panjang apabila di hidupkan

    ReplyDelete
  3. minta tolong dibantu bagai mana cara dan solusinta terimakasih

    ReplyDelete
  4. Bagai mana dengan prolink 600 atau 650 va. IC nyakan ber beda. Semua kaki sdh di coba tetap saja mati pada suara tit ke 12

    ReplyDelete
  5. pak admin,, pernah ngalamin masalah UPS yang gini gak,,,
    kalau kondisi UPS backup di kabel powernya ada arus listrik 220 juga,, dan berbahaya pastinya kalau tersentuh,,, itu apanya yang harus di cek ya,,, output dari backup semua normal,, UPS ICA 602B
    thanks pak admin.

    ReplyDelete
  6. mohon maaf saya mau tanya saya punya Travo 5 amper mau saya gunakan Tapi bingung input AC nya yang kabel man aya.............

    ReplyDelete
  7. Sy punya ups prolink pro1200s,hidup tp cuma 1mnt langsunag mati & kluar cuma 180volt,gmn cara-y supaya bs brtahan lama,mohon saran-y ap saja yg harus di ganti....

    ReplyDelete
  8. Input sy pakai aki mobil 12volt 60amper

    ReplyDelete
  9. Sy punya ups prolink pro1200s,hidup tp cuma 1mnt langsunag mati & kluar cuma 180volt,gmn cara-y supaya bs brtahan lama,mohon saran-y ap saja yg harus di ganti....

    ReplyDelete
  10. Sy punya ups prolink pro1200s,hidup tp cuma 1mnt langsunag mati & kluar cuma 180volt,gmn cara-y supaya bs brtahan lama,mohon saran-y ap saja yg harus di ganti....

    ReplyDelete
  11. Kalo misalkan ups prolink700 hidup 24 jm ngak masalah? Yg di modif di upsnya ganti aki 10A sma tmbahan kipas di upsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara nambah kipasnya gimana guru?

      Delete
  12. Kalo ups ica 1200va apabisa djadikan inverter,gmn caranya biar bisa pake aki 100ah 2buah

    Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Kalo ups ica 1200va apa bisa di jadikan inverter.gmn caranya biar bisa pasang aki 100ah 2buah

    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Kasus sama spt punyaku... R41 gosong sm TR ksp2907a korosi di kakinya...
    Apa dengan mengganti komponen tsb bisa hidup kembali ups nya??

    Makasih jawabannya

    ReplyDelete
  15. Gan saya sudah ikuti yg agan kasi petunjuk nya, tp kenapa ups nya bunyi terus, tanda lampu nya error, apa ada yg salah gan?

    ReplyDelete
  16. Terima ksih atas penemuan ini,dari kemarin saya mencari cara in

    ReplyDelete
  17. Saya sudah coba dan ganti aki motor buat backup bisa bertahan 40 menitan

    ReplyDelete
  18. Ane cari2 cra modif non aktifin proteksi prolink pro 1200sv tp lum ketemu, yg ada cm pro700, mhon bantuan nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blh shere yg pro 700. Krna sy cb blm bsa. Tks

      Delete
  19. gan, kalau merk apc sama ga prosesnya biar tahan lama?

    ReplyDelete
  20. Sy bru coba jumper tp blm bsa knpa yah?

    ReplyDelete
  21. Terimakasih, triknya membantu😂

    ReplyDelete
  22. Bang kalau voltase output kurang dari 200 volt, cara menaikanya gimana ? Ups saya prolink

    ReplyDelete
  23. Mau tanya suhu..transistor yg deket transistor78l05 itu serinya apa ya.. (ksp...?)soalnya terbakar..trims.

    ReplyDelete
  24. Untuk ups merk inforce cara jumper nya gmn bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inforce memiliki ic seri LM....gunakan kaki 6 pada salah satu ic ke ground....cb aja pki kabel jumper ke kaki 6 nya...nnti ktemu kok mn yg pas....

      Delete
  25. Kalo ups apc back up es 525 gimana carae Supaya bisa jadi inventer

    ReplyDelete
  26. Untuk UPS prolink pro700v sama gak ya?

    ReplyDelete
  27. Untuk UPS prolink pro700v sama gak ya?

    ReplyDelete
  28. Untuk UPS prolink pro700v cara jumpernya sama gak ya?

    ReplyDelete
  29. Untuk UPS prolink pro700v cara jumpernya sama gak ya?

    ReplyDelete
  30. Salam Belajar, Saya mempunyai UPS Power Tree G650s, Buzer saya sudah Cabut, aki motor yang saya gunakan ada 2,
    masing- masing 12v 3.5A di buat rangkaian seri agar arus lebih besar. Tapi, ketika saya hidupkan cuma bertahan beberapa menit saja.
    Yang saya tau harus MENJUMPER IC tapi, saya bingung PIN yang mana harus di JUMPER IC nya UPS ini.

    IC yang mana dan ke mana?

    mohon Admin beri petunjuk… kalo bisa degan Gambar

    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  31. Maaf mas klo prolink pro 850s gmn soalx dgn pro 700 ic nya beda dan satu lagi klo ups hp750 G2 jumpernya gmn mohon bantuanya terima ksh

    ReplyDelete
  32. Maaf mas klo prolink pro 850s gmn soalx dgn pro 700 ic nya beda dan satu lagi klo ups hp750 G2 jumpernya gmn mohon bantuanya terima ksh

    ReplyDelete
  33. Mantul bang sukses terus..bang mw tanya, transistor Q11 deket R41 itu serinya berapa ya, punya saya gosong & ga tau serinya mw diganti juga..makasih bang

    ReplyDelete
  34. Ups saya merk vektor setiap satu jam menggunakan sumber dari accu pasti mati...bgm cara mematikan temer tsb. Mohon petunjuk

    ReplyDelete
  35. Suhu mau tanya, punya saya juga seperti itu R41 gosong, itu nilai resistor 1k brp watt ya?

    ReplyDelete
  36. Saya punya proling pro 700 sudah saya jamper pin 22 ke groun tapi ttep 5 sampai 10 detik mati gimana solusinya

    ReplyDelete